Jumat, Februari 20, 2009

FKIB Gelar Bedah Buku Karya Aslan Abidin

Ahmad Al Matin, PPA Latee

GULUK-GULUK–Forum Kajian Ilmiah dan Budaya (FKIB) Pondok Pesantren Annuqayah Kamis (19/2) kemarin melaksanakan bedah buku kumpulan puisi yang berjudul Bahaya Laten di Malam Pengantin karya Aslan Abidin, penyair asal Sulawesi yang kini tinggal di Makasar. Buku yang dibedah tersebut terbit pada penghujung 2008 kemarin.
“Acara ini sengaja kami laksanakan dengan sederhana dan fasilitas yang kurang memadai. Karena acara ini kami rencanakan secara dadakan yaitu Rabu (18/2) kemarin,” kata Suandi, ketua FKIB.
Acara yang dimoderatori langsung oleh ketua FKIB, Suandi, ini dihadiri langsung oleh sang penulis, Aslan Abidin, R. Timur Budi Raja (penyair Madura), Fauzi (penyair asal Sumenep), Mashuri (Komite Dewan Kesenian Jawa Timur) dan bertempat di Aula MI 1 Annuqayah. Acara yang dimulai pada pukul 14.30 WIB dan berakhir sekitar dua jam kemudian ini berlangsung penuh tawa karena Fauzi yang dikenal dengan penyair yang humoris memberikan guyonan ala santri pada seluruh peserta sehingga berlangsung sangat menarik.
“Saya katakan rugi pada seluruh teman yang tidak hadir pada acara ini, karena acara ini dihadiri langsung oleh penyair terkemuka di Indonesia yang jarang sekali bisa berkunjung ke Annuqayah,” tutur M. Faizi, salah satu pengasuh muda Annuqayah yang juga hadir pada acara bedah buku tersebut.
Mengenai kumpulan puisi ini secara umum, Masyhuri mengatakan bahwa puisi-puisi dalam kumpulan ini mengangkat tema-tema yang dianggap tabu dan jarang diekspos oleh para penyair yang lain sehingga hal itu menjadi kelebihan dari buku ini.
Acara yang sangat sederhana ini tidak terlalu banyak dihadiri oleh santri disebabkan acara ini diselenggarakan secara mendadak dan pengumumannya pun dari waktu pelaksanaan sangat dekat, hanya berjarak hitungan jam saja.

Tidak ada komentar: