Kamis, Februari 05, 2009

Monitoring dan Evaluasi MQIP Sampoerna Foundation


M Mushthafa, Sekretariat PPA

GULUK-GULUK—Setelah hampir genap dua tahun kerja sama Pondok Pesantren Annuqayah dengan Sampoerna Foundation (SF) Jakarta dalam program Madrasah Quality Improvement Program (Program Peningkatan Mutu Madrasah) yang disingkat MQIP, Selasa hingga Rabu (3-4/2) kemarin SF melakukan monitoring dan evaluasi (monev). Program ini dilakukan terutama untuk melihat kebutuhan program dan pendekatan yang perlu dilakukan dalam konteks program MQIP 2009 sehingga program yang dirancang dapat menghasilkan hasil yang lebih optimal.
Monev dilakukan oleh dua staf baru MQIP yang bertugas, yakni Roy Rindorindo, Program Manager, dan Imam Malik, Program Officer untuk Annuqayah. Bagi Roy, ini adalah kunjungan pertamanya ke Annuqayah. Sedangkan Imam Malik sebelumnya telah sempat berkunjung ke Annuqayah akhir Oktober lalu.
Agenda monev dimulai pada Selasa pagi, dengan jadwal ke Madrasah Aliyah 1 Annuqayah Putra. Di MA 1 Putra, tim SF berdiskusi intensif dengan para pimpinan, guru, dan siswa, serta sempat melihat-lihat lingkungan madrasah. Siang harinya, agenda dilanjutkan dengan presentasi program MQIP 2009 yang berlangsung hingga malam. Rabu pagi jadwal monev ke MA 1 Annuqayah Putri untuk berbincang dengan pimpinan, guru, dan siswa.
Ketua Yayasan Annuqayah, H.A. Panji Taufiq, berpendapat bahwa monev kali ini diharapkan dapat meningkatkan kesepahaman kedua belah pihak untuk mendukung keberhasilan program. "Saat kerja sama ini ditandatangani, ada komitmen agar ini dapat menjadi model kerja sama antara SF dan pesantren. Dengan monev ini, semoga upaya pencarian model itu bisa menemukan jalan yang lebih baik," ujarnya di sela-sela acara ini.
Tim SF, termasuk juga Tony Driyantono (konsultan) yang tidak terlibat langsung dengan monev, meninggalkan Annuqayah pada Rabu siang kemarin sekitar pukul 14.00 WIB.

Tidak ada komentar: