Senin, Desember 29, 2008

Pengurus PP Annuqayah Adakan Pertemuan Pimpinan Satuan Pendidikan di Annuqayah


Fahmi, Sekretariat PPA

GULUK-GULUK—Tadi siang (Senin, 29/12/2008) Pengurus Pondok Pesantren Annuqayah menggelar acara pertemuan seluruh pimpinan satuan pendidikan di Annuqayah, mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak hingga Perguruan Tinggi. Acara yang dihadiri oleh sekitar 70 orang yang terdiri dari Pengurus Pesantren, Pengurus Yayasan, dan jajaran pimpinan satuan pendidikan itu berlangsung di lantai II Aula MI 1 Annuqayah.
Ketua Pengurus Pondok Pesantren Annuqayah, K.H. A. Hanif Hasan dalam pengantarnya menyampaikan bahwa salah satu bertujuan pertemuan ini adalah agar semua permasalahan kependidikan yang dihadapi lembaga-lembaga formal bisa tertampung dan kemudian bisa diatasi bersama. “Salah satu tujuan kenapa kita harus berkumpul di sini tidak lain untuk membicarakan berbagai permasalahan yang kita hadapi, baik pengurus pesantren atau satuan pendidikan di Annuqayah, yang tujuannya nanti kita bisa mencari solusinya bersama-sama,” paparnya di awal acara. Apalagi, demikian menurut beliau, saat ini pendidikan formal menjadi tujuan utama santri yang mondok ke Annuqayah.
Melihat begitu pentingnya pertemuan antarpimpinan lembaga pendidikan di Annuqayah ini, Pengurus Pondok Pesantren Annuqayah berusaha mengagendakan pertemuan ini menjadi pertemuan rutin. Peserta rapat tadi siang menyepakati pertemuan akan dilaksanakan setiap satu bulan sekali, pada hari Jum'at minggu pertama bulan hijriyah.
Peserta rapat memberikan respons positif atas kesepakatan ini. Usman Fatmala, waka kesiswaan MA Tahfidh Annuqayah misalnya, sangat setuju sekali dengan kesepakatan itu. “Ya.. saya sendiri sepakat dengan keputusan ini. Bagaimanapun ini sangat penting. Semoga saja ini mejadi langkah awal Pondok Pesantren Annuqayah untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita,” paparnya di akhir acara.
Sementara itu, Muhammad Afnan, waka kesiswaan SMA, mengingatkan bahwa dalam pertemuan rutin mendatang, jangan sampai acara dimulai molor karena keterlambatan para undangan.
Rapat ini juga membahas secara umum masalah-masalah kependidikan yang dihadapi bersama. Beberapa pimpinan lembaga pendidikan mengemukakan temuan-temuannya di lapangan. Seperti tentang pengangkatan guru, keterbatasan sarana, masalah yang dihadapi TK dan MI, ketidakberimbangan kemampuan dana di satuan pendidikan, penerimaan siswa baru, Haflatul Imtihan, dan sebagainya. Masalah-masalah inilah yang nantinya akan menjadi salah satu agenda pertemuan bulanan tersebut.

Tidak ada komentar: