Sabtu, Desember 20, 2008

Nirmala Selenggarakan Lokalatih Jurnalistik Dasar

Sumarwi, PPA Nirmala

GULUK-GULUK—Sebagai lembaga yang peduli atas perkembangan kepenulisan, Perpustakaan Pondok Pesantren Annuqayah Nirmala kemarin (17-19/12/08) menyelenggarakan kegiatan “Lokalatih Jurnalistik Dasar”. Acara yang bertema “Urgensi Regenerasi Penulis Profesional” ini bertempat di Mushalla PPA Daerah Nirmala Lt. II. Materi yang disampaikan meliputi penulisan berita, artikel, puisi, cerpen, teknik wawancara, dan lain-lain.
Salah satu nara sumber yang diundang adalah Rifa’ie, seorang wartawan yang juga anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan telah lama aktif sebagai wartawan Harian Surya. Beliau, yang pernah nyantri di Nirmala, memberikan pengarahan dan bimbingan metode menulis berita.
Pelatihan yang diikuti lebih kurang 71 peserta putra dan putri ini diharapkan nanti dapat menjadi penulis yang profesional sehingga dapat berkiprah di media lokal maupun nasional.
“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan ghirah kepenulisan yang selama ini dianggap kaku dan stagnan,” tutur ketua panitia M. Muhdar, saat menyampaikan sambutannya di acara pembukaan Rabu (17/12) kemarin. Lain lagi dengan yang diungkapkan oleh A. Fadhali, ketua pengurus PPA Daerah Nirmala. Dia mengharapkan setidaknya nanti dari terselenggaranya acara ini ada tindak lanjut sebagai ukuran keberhasilan. “Minimal, majalah dinding yang selama ini vakum bisa terbit kembali. Syukur bilamana buletin bulanan kita (Kejora) bisa eksis kembali di bumi Annuqayah,” paparnya.
Pada acara terakhir (penutupan) tadi malam, panitia menobatkan dua peserta terbaik, yakni dari putra dan putri. Peserta terbaik putra adalah Imam Fauroni, asal Desa Pordapor Guluk-Guluk, sedangkan peserta terbaik putri adalah Royyanah, asal Angsanah Bragung.

Tidak ada komentar: