Selasa, Mei 31, 2011

Belajar Bahasa Arab Bersama Syeikh Shalah

Ach. Rofiq, PPA Lubangsa

Guluk-Guluk—Markaz al-Lughah al-‘Arabiyyah Pondok Pesantren Annuqayah mengadakan acara Belajar Bahasa Arab bersama Syekh Shalah Muhammad ‘Abdul Aziz Wahbah dari Mesir yang kebetulan sedang bertugas di PP Al-Amien Prenduan.

Acara ini direncanakan berlangsung selama 7 kali pertemuan dan dilaksanakan setiap hari Jum’at pagi. Pertemuan pertama merupakan pembukaan dan telah dilaksanakan pada tanggal 22 April yang lalu di aula Asy-Syarqawi PP Annuqayah, dengan jumlah peserta kurang lebih 200 orang putra dan putri.

Peserta merupakan santri yang telah mendaftarkan diri kepada panitia. Pada pertemuan pertama ini, peserta putra dan putri digabung.

Pada pertemuan pertama tersebut, acara dilangsungkan secara seremonial dan dilanjutkan dengan sesi dialog dengan Syekh Shalah. Para peserta sangat antusias ketika sesi dialog dimulai. Banyak santri yang mengacungkan tangan untuk bertanya, baik putra maupun putri. Sayangnya, kesempatan bertanya hanya dibatasi untuk 3 orang khusus putra dan 3 orang putri.

“Pertemuan kedua sampai pertemuan kelima dilaksanakan secara terpisah antara putra putri. Sedangkan pada pertemuan ketujuh yang akan dilaksanakan Jum’at depan akan dikemas semenarik mungkin, yaitu digabung seperti halnya ketika pertemuan pertama. Dan bahkan akan mengundang guru-guru bahasa Arab se-Kabupaten Sumenep,” tutur Ibnu Hajar selaku wakil ketua Markaz al-Lughah al-‘Arabiyyah ketika ditemui di kantornya.

Kegiatan ini merupakan upaya pengurus Markaz untuk menumbuhkan rasa cinta yang kokoh dalam diri santri terhadap bahasa Arab. Jarang sekali, bahkan sangat sulit untuk belajar bahasa Arab langsung kepada penutur asli.

1 komentar:

admin mengatakan...

Memahami Bahasa Al-Quran dalam 8 Jam? Klik Metode Mudah & Cepat Belajar Bahasa Arab

Wassalam - Smoga bermanfaat.