Selasa, November 02, 2010

Lajnah Falakiyah PP Annuqayah Gelar Pelatihan Ilmu Falak

Hairul Anam Al-Yumna, PPA Latee

Guluk-Guluk—Bertempat di Lantai II Kantor Sekretariat Bersama PP Annuqayah, Lajnah Falakiyah PP Annuqayah (selanjutnya ditulis Lajnah) menggelar pelatihan ilmu falak. Pelatihan ini dilangsungkan selama dua hari, dari hari Kamis sampai Jum’at sore (28-29/10).

Acara yang dibuka sekitar pukul 14.00 WIB ini diikuti oleh 20 santri Annuqayah. Mereka terdiri dari beragam tingkatan; MTs. 2 orang, tingkat Aliyah 10 orang, dan mahasiswa STIK Annuqayah 8 orang.

Menurut salah satu pengurus Lajnah, Ahmad Faidhal (24), pelatihan ini merupakan yang pertama diadakan oleh PP Annuqayah. Hal itu berkait erat dengan baru dibentuknya Lajnah tahun kemarin (2009).

“Pelatihan ini mengacu pada program kerja yang telah dirumuskan oleh pengurus Lajnah masa bakti 2010/2011. Oleh karenanya, pelatihan ini ditangani langsung oleh 12 pengurus Lajnah,” katanya saat dijumpai di kantor PPA Latee Minggu pagi (31/10).

Santri PPA Latee yang mondok tanggal 14 Juli 2002 itu melanjutkan bahwa pelatihan ini benar-benar diseriusi oleh pengurus Lajnah. Persiapannya saja memakan waktu setengah bulan.

“Karena pelatihan ini pertama kalinya, maka kami upayakan berlangsung secara maksimal dan sesuai harapan bersama,” ujar santri yang juga dipercaya sebagai Koordinator Departemen Olahraga, Kesenian, dan Keterampilan PPA Latee itu.

Tutor dalam kegiatan yang pesertanya tidak dipungut biaya ini ialah empat orang yang semuanya tercatat sebagai pengurus Lajnah, yaitu Ahmad Faidhal, Ahmad Usmuni, Firdausyi, dan Hefni. Keempatnya menguasai banyak hal tentang ilmu falak.

Keempat tutor tersebut menjelaskan materi yang berbeda. Ahmad Faidhal menjelaskan “Kaidah-Kaidah Dasar Ilmu Falak dan Awal Masuk Waktu Salat Isya’”, Ahmad Usmuni tentang “Awal Masuk Waktu Salat Dzuhur”, Firdausyi memaparkan “Awal Masuk Waktu Salat Ashar”, sedangkan Hefni berkenaan dengan “Awal Masuk Waktu Salat Subuh”.

Dari awal hingga akhir pelatihan, semua peserta tidak ada yang absen.

“Saya optimis para peserta mampu mengembangkan sendiri ilmu dan keterampilan yang mereka peroleh selama ikut pelatihan. Dari semangat mereka dalam mengikuti pelatihan, diharapkan nantinya mereka bisa diajak kerja sama mengabdi di Lajnah,” tambah Faidhal.

Faidhal sangat berharap agar kegiatan semacam pelatihan ilmu falak ini bisa berkesinambungan tiap tahunnya.

“Misalnya, tahun depan akan ditambah dengan materi bagaimana mengetahui dan memahami dua gerhana. Dan, masih banyak materi ilmu falak lainnya yang penting diketahui dan dipahami oleh kita selaku umat Islam,” tandasnya.

2 komentar:

Cinta Syahadah mengatakan...

Wah.. ini saya tertarik.. dan ingin tau juga sebenarnya masalah ilmu falakiah ini.. Semoga lancar.. sukses.. barakah dan bermanfaat..

LAFAL, Lajnah Falakiyah Al Mubarok Lanbulan mengatakan...

Cuma numpang gus, kini disampang digelar diklat falak metode kitab Tsamarotul fikar & praktek arah qiblat serta seminar ket. bisa kunjungi alamat ini : lafalppl.blogspot.com