Rabu, Desember 03, 2008

Kegiatan Pengembangan Keterampilan di Latee II

Afifatin Nisa’, PPA Latee II

Kegiatan keterampilan merupakan salah satu program wajib mingguan PP Annuqayah Latee II yang diikuti oleh santri putri, dengan tujuan untuk menjadikan santri lebih kreatif dan mengembangkan bakatnya. Setiap minggu santri wajib membuat kerajian tangan yang berbeda-beda dari masing-masing perwakilan bloknya. Di antara hasil masing-masing perwakilan sebelumnya adalah vas bunga dari tanah liat, keranjang unik dari botol aqua, bunga anggrek, tutup saji, dan lain-lain.
Kegiatan mingguan itu hadir kembali pada Jum’at 21 November 2008 yang lalu dengan variasi yang berbeda dari sebelumnya, yaitu keterampilan membuat aquarium dari gabus. Kegiatan itu berlangsung di depan Mushalla Ar-Rahmah PP. Annuqayah Latee II. Pesertanya 5 orang santri putri perwakilan dari Blok Al-Qamary. Mereka sangat telaten dan teliti agar hasil kerajinan yang dibuatnya bagus dan menarik. Banyak pengunjung yang berdatangan. Rata-rata para pengunjung tersebut dari kalangan santri putri Latee II. Suasananya sangat ramai, karena para pengunjung berdesak-desakan untuk menempati tempat paling depan karena ingin melihat lebih jelas. Jumlah para pengunjung tersebut dari awal sampai akhir kegiatan sekitar 45 santri.
Salah satu santri ada yang berkomentar mengenai kegiatan keterampilan mingguan ini., Katanya, kegiatan ini dapat membantu santri untuk lebih berbakat dan berpengalaman dalam bidang keterampilan, bahkan juga dapat membantu santri untuk menunjukkan bakatnya yang tidak tersalurkan. Hampir dari semua pengunjung punya komentar yang sama. Mereka sangat setuju dengan adanya kegiatan itu, lebih-lebih pengurus yang menyelenggarakan kegiatan keterampilan itu. “Kegiatan ini bertujuan agar santri yang bakatnya terpendam bisa menyalurkan melalui perwakilan bloknya masing-masing,” komentar salah satu pengurus saat acara itu sedang berlangsung.
Pembuatan aquarium itu sangat sederhana, bahan-bahannya hanya kertas krip warna hijau, plastik meka, gabus, cat astro, dan dibantu alat-alat lainnya, seperti pisau, gunting, lem, dan alat lain yang dibutuhkan.
Hasil kreasi keterampilan ini dinilai oleh pengurus dan dikompetisikan antarblok. Apabila mendapat nilai yang bagus, blok tersebut mendapatkan hadiah dari pengurus.

Tidak ada komentar: