Senin, Maret 10, 2014

Annuqayah Juara Umum FDB 2014




 Umarul Faruq, PPA Latee

"Sekali di udara, tetap di udara". Begitulah slogan Radio Republik Indonesia (RRI) yang sering kita dengar. Namun bagi Annuqayah, slogan tersebut sepertinya perlu diubah menjadi "Sekali juara, tetap juara".

Belum genap seminggu dari kabar gembira yang dibawa santri Annuqayah dari PP Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan atas keberhasilan mereka menjadi juara dalam lomba Pidato dan Baca Kitab, kini Annuqayah dikejutkan lagi oleh para santrinya yang berhasil membawa pulang piala bergengsi sebagai juara umum pada ajang perlombaan Festival Dua Bahasa (FDB) di PP Al-Amien, Prenduan.

Sejak Rabu ( 05/03 ) yang lalu, 25 orang santri Annuqayah mengikuti serangkaian lomba Festival Dua Bahasa (FDB) 2014 yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Dirasat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan. Rincian dari mereka adalah 7 santri putra dan 5 santri putri utusan Markazul Lughah al-Arabiyah dan English Education Program (EEP) Pondok Pesantren Annuqayah; 3 santri putra dan 3 santri putri diutus Pondok Pesantren Annuqayah Daerah Nirmala; dan 8 santri putri utusan MA 1 Annuqayah Putri. Mereka didampingi oleh 8 orang official yang betugas membimbing dan menyiapkan segala kebutuhan mereka selama perlombaan.

Dalam ajang ini, mereka bersaing dengan peserta lain dari berbagai lembaga pendidikan di Jawa Timur dalam memperebutkan gelar juara dalam lomba Pidato, Bercerita, Menyanyi dan Baca Puisi dalam dua bahasa; yakni bahasa Arab dan bahasa Inggris. Dari keempat lomba tersebut, hanya satu lomba yang tidak satupun utusan Annuqayah menjadi juaranya, yaitu lomba menyanyi.

Tidak tanggung-tanggung, santri Annuqayah membawa pulang 9 piala sekaligus dari keseluruhan piala yang berjumlah 24 di momen FDB 2014 . Piala-piala yang diperoleh utusan Annuqayah adalah piala juara 1 Pidato bahasa Arab, juara 2 Pidato Bahasa Arab, juara 1 Baca Puisi bahasa Arab, juara 2 Baca Puisi bahasa Arab, juara 2 Baca Puisi bahasa Inggris, juara 3 Baca Puisi bahasa Inggris, juara 1 Bercerita bahasa Arab, juara 3 Bercerita bahasa Arab, dan juara 3 Bercerita bahasa Inggris.

Dengan perolehan piala sebanyak itu, Annuqayah dinobatkan sebagai juara umum FDB 2014 , sebab lebih dari sepertiga juara berasal dari Annuqayah, sementara 2/3 sisanya dimiliki banyak peserta lain dari instansi yang berbeda-beda.

"Para hadirin, harap tenang. Sesaat lagi kami akan membacakan juara umum lomba Festival Bahasa Arab dan Bahasa Inggris 2014," begitulah perkataan pembawa acara pada Jum'at malam saat penutupan FDB 2014 . Sesaat kemudian, nama Annuqayah disebutkan oleh pembawa acara itu membuat ruangan bergemuruh oleh tepuk tangan para hadirin, utamanya para peserta dan suporter dari PP Anuuqayah.

"Alhamdulillah. Sebenarnya kami tidak menyangka akan mendapat perolehan sebesar ini. Soalnya persiapan yang kami lakukan sebelum berangkat ke PP Al-Amien sangat kepepet, hanya tiga hari sebelum acara pembukaan. Persiapan yang kami lakukan untuk FDB jauh lebih singkat dibanding persiapan untuk lomba Festival Bahasa Jawa Timur di PP Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo tiga minggu yang lalu. Namun berkat rahmat Allah, perolehan kami di FDB sungguh luar biasa," ungkap Ahmad Basili, salah satu official kontingen Annuqayah.

"Piala Juara Umum-nya sebesar apa?" tanya salah seorang santri Annuqayah pada Ibnu Hajar, ketua kontingen.

"Lumayan, nggak bakal habis dimakan tiga hari," jawabnya sambil tertawa lepas.


Tidak ada komentar: