Muftarida Binti Muzammil, PPA Lubangsa Putri
Guluk-Guluk—Pada
tanggal 16-18 Februari 2014, Pengurus Pembinaan dan Pengembangan Organisasi
(P2O) PPA Lubangsa Putri menggelar pelatihan administrasi. Acara berlangsung
selama tiga hari, dimulai dari pukul 14.00 WIB dan berakhir 16.30 WIB.
Acara ini dihadiri oleh 50 peserta. 5 peserta delegasi
dari 5 Organisasi Daerah (orda) yang
meliputi Ikatan Santri Annuqayah Pamekasan Sampang (Iksapansa), Ikatan Santri
Timur Daya (Ikstida), Ikatan Santri Pantai Utara (Iksaputra), Ikatan
Keluarga Santri Guluk-Guluk Ganding (Iksagg) dan Persatuan Santri Lenteng (Persal).
3 peserta delegasi
5 Lembaga Semi Otonom (LSO) di Lubangsa, yang meliputi English Club (EC), Syu’bah Al-Lughah Al Arabiyah
(SLA), Jami’iyyah Ta’miqil
Kutub (JTK), Madrasah Baramij Diniyah Al Tarbiyah Wa Al Ta’lim (MD.BAW) dan
Perpustakaan serta 10 peserta
dari sekretaris pesantren baik harian maupun di setiap seksi yang berada di
bawah naungan PPA Lubangsa Putri.
“Tujuan dilaksanakannya
acara pelatihan administrasi ini adalah
agar seluruh organisasi khususnya orda yang berada di
Lubangsa Putri mengetahui standar acuan administrasi yang baik dan benar,
sehingga dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan seluruh orda dapat
menerapkanmya di organisasi
masing-masing,” tutur Nurul Azizah, ketua panitia acara
pelatihan tersebut.
Sebenarnya acara ini akan ditempatkan di Aula
Madrasah Aliyah 1 Annuqayah Putri jurusan Keagamaan (MAK) putri namun
berbenturan dengan acara yang diselenggarakan MAK sehingga kegiatan ini
dipinidah ke Aula Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) Annuqayah putri.
Acara ini difasilitasi oleh Riyadi, S.H.I., Waka Kurikulum
SMK Annuqayah Putri, dan alumnus Instika. Adapun materi Pelatihan Administrasi ini adalah: Pengenalan
Administrasi Surat Menyurat, Memahami Administrasi Secara umum, dan Standart Operational dan Procedure (SOP) keuangan, evaluasi pemahaman dan penguasaan materi.
Adapun dana
yang dihabiskan adalah sebesar Rp.
1.066.500,- Dana tersebut berasal dari kas pesantren sebesar Rp. 736.500,- kas P2O
sebesar Rp. 75.000,- dan kontribusi peserta sebesar Rp. 255.000,-
“Saya berharap kepada seluruh
peserta untuk berpartisipasi aktif dalam mengikuti acara ini sehingga PPA Lubangsa
Putri tidak hanya mampu melahirkan insan agamis dan intelektual namun juga
organisatoris yang tentunya cakap dalam beradministrasi, serta mampu mengaplikasikannya
dalam dunia organisasi yang digeluti,” pesan Ketua Pengurus PPA Lubangsa Putri,
Hikmatun S.Ud., pada sambutan pembukaan acara tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar