Senin, Agustus 02, 2010

KBM PPA Al-Furqaan Mulai Aktif


Muhammad-Affan, PPA Al-Furqaan

Selain PPA Al-Furqaan Putra, terhitung sejak pertengahan Juli lalu, PPA Al-Furqaan Putri juga mengaktifkan kembali kegiatan Kelompok Belajar Mengajar (KBM). Tahun ini, KBM PP Al-Furqaan memasuki angkatan IV dengan peserta baru berjumlah 10 orang.

KBM merupakan kegiatan belajar mengajar, dimana yang berperan sebagai ‘guru’ dalam kegiatan ini yakni para santri sendiri. Mereka dijadwal secara bergiliran untuk ‘mengajar’ dan menentukan materi jauh hari sebelumnya. Secara umum, materi yang disampaikan meliputi materi pelajaran sekolah.

“Setiba di pondok, saya langsung bercerita pada para santri baru tentang kegiatan ini. Dan, alhamdulillah, mereka semua tertarik untuk bergabung di KBM,” ungkap Novia, koordinator KBM Putri.

KBM digagas oleh salah satu pengurus PP Al-Furqaan. Kegiatan ini pertama kali dimulai pada 2007 lalu. Salah satu tujuan KBM, selain sebagai media transformasi pengetahuan antarsantri, juga untuk mengasah kemampuan peserta dalam hal ‘mengajar’. Kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada para santri untuk mengeksplorasi dan mencari metode terbaik dalam menyampaikan pelajaran.

“Dengan kegiatan ini, saya termotivasi untuk belajar,” kata Erna, salah satu perserta KBM Al-Furqaan Putri yang sudah bergabung sejak 2 tahun lalu. “Kami dituntut menciptakan suasana kelas tidak jenuh. Untuk itu, hampir bisa dipastikan, dalam setiap pertemuan, teman-teman menyiapkan game,” lanjutnya.

Tidak ada komentar: