Selasa, Agustus 04, 2009

Nirmala Mengadakan LPJ dan Pelantikan Pengurus Masa Bakti 2009-2010


Sumarwi, PPA Nirmala

GULUK-GULUK- Sabtu (31/07) kemarin Pondok Pesantren Annuqayah daerah Nirmala mengadakan acara Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Pengurus masa bakti 2008-2009 dan Pelantikan Pengurus Baru Masa Bakti 2009-2010, bertempat di Mushalla lantai II. Pengurus yang dilantik terdiri dari pengurus lama dan pengurus baru. Acara dimulai sekitar pukul 20.15 WIB dan dihadiri oleh seluruh santri Nirmala, semua pengurus. Turut hadir pula pengasuh utama PP Annuqayah Nirmala yaitu K.H. M. Afif Hasan.
Acara pelantikan diisi dengan beberapa acara yakni pembukaan, pembacaan ayat-ayat suci al-Qur'an, prakata Tim Formatur, LPJ Pengurus masa bakti 2008-2009, prosesi pelantikan pengurus, pembacaan SK, sumpah jabatan, sambutan ketua terpilih, tausiyah pengasuh dan penutup.
Sesuai SK yang telah disetujui oleh Kiai Afif, Ali Makki, S. Pd.I menjabat sebagai ketua dan Subaidi, A. Ma sebagai wakil ketua pengurus masa bakti 2009-2010.
“Tim Formatur itu fungsinya seperti KPU di negara kita Indonesia. Acara ini diperuntukkan secara legal formal untuk melantik atau membai'at seseorang menjadi pemimpin,” tutur Subaidi, ketua Tim Formatur.
“Perlu diketahui bahwa kepengurusan di PP Annuqayah Nirmala ini tidak berdasarkan kehebatan seseorang. Jika Anda mahasiswa maka seratus persen Anda akan diangkat menjadi pengurus. Maka dari itu saya berharap kepada semua komponen dan eksponen untuk bersama-sama membangun Nirmala ke depan,” tambahnya.
Ali Makki, S. Pd.I, ketua terpilih dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada Tim Formatur dan terutama kepada pengasuh, Kiai Afif Hasan, yang telah memberikan mandat dan kepercayaan. Dia berharap agar pengasuh bisa memberikan bimbingan dan arahan dalam memimpin Nirmala.
“Sebenarnya saya terpilih bukan berdasarkan kapabilitas. Saya bukan orang yang andal. Selama mondok saya belum pernah belajar menjadi leader yang baik,” tutur Ali.
“Saya terpilih tidak secara demokratis. Saya langsung ditunjuk, dan saya tidak bisa menolak itu. Saya harap para santri aktif berpartisipasi, sebab bagaimanapun baiknya sebuah program tanpa dukungan dari para santri tidak akan berjalan dengan lancar,” ujarnya.
Selanjutnya, setelah sambutan ketua terpilih, acara dilanjutkan tausiyah pengasuh, Kiai Afif. Beliau mengawali sambutannya dengan mendoakan para pengurus yang baru saja dilantik. “Semoga kepengurusan pada masa sekarang ini lebih baik lagi dari tahun sebelumnya,” doanya.
Beliau mengatakan bahwa program di Nirmala itu cukup canggih dan luar biasa, baik dari segi kualitas maupun kuantitas, sehingga beliau menilai hal itu adalah pemicu utama tidak terlaksananya sebuah program.
Beliau juga mengungkapkan bahwa banyaknya program yang tidak terlaksana karena terlalu banyak, ketidaksolidan antarpengurus sehingga berimplikasi pada rendahnya kerja sama, tidak ada skala prioritas dalam menjalankan program, dan rendahnya kontrol.
“Kontrol itu sangat penting sekali. Misalnya kita membuat program kemudian tidak dikontrol maka tidak akan terlaksana, kemungkinan besar tidak bisa dilakukan,” tutur beliau.
“Kontrol itu harus dilakukan secara terus-menerus , jangan hanya hangat-hangat tai kucing,” tambah beliau.
Acara ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh M. Kamil Ustadzi, salah seorang pengurus Nirmala.

Tidak ada komentar: