Minggu, Oktober 19, 2008

Regu Dinggo Annuqayah, Berlaga di Jambore Scout ASEAN

Sumenep, Kamis ( 16/10 ) Pasukan Pramuka Penggalang Putra Regu Dinggo, yang berpangkalan di Gugus Depan (Gudep) Pondok Pesantren Annuqayah Gukuk-Guluk, kali ini kembali mewakili Indonesia utusan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur pada kegiatan Jambore Scout Asean, yang akan digelar sejak tanggal 16 hingga 26 Oktober 2008 di Bumi Perkemahan (Buper) Cibibur Jakarta.
Di samping Regu Dinggo dari Kwarcab Sumenep, Kwarda Jatim juga mengutus Pramuka Penggalang Putri dari Kwarcab Malang. Dua regu penggalang ini sebelumnya merupakan utusan Kwarda Jatim pada Lomba Tingkat (LT) V Nasional tahun 2007 lalu. Bahkan pada LT V Nasional itu Regu Dinggo juga meraih Juara Harapan I.
Sebelum diberangkatkan ke Jakarta, dua regu penggalang dan para peserta pendukung lainnya selama dua hari mendapat pembekalan dari Kwarda jatim yang ditempatkan di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Hal itu diakui Ketua Kwarran Guluk-Guluk, Ishandoko Mulyo, SPd yang juga mendampingi Regu Dinggo, ketika dihubungi news room melalui telpon selulernya, Kamis pagi (16/10) di sela-sela persiapan pemberangkatan ke Jakarta dari Asrama Haji Sukolilo.
Sementara Ketua Kwarcab Sumenep, Drs.H.Hasan Mudhari, MM mengaku bangga dengan Regu Dinggo yang juga ikut membawa nama Indonesia khususnya Jatim dan Kabupaten Sumenep sendiri pada kegiatan Jambore Asean.
“Saya merasa ini sebagai penghargaan untuk Kwarcab Sumenep, juga sebagai prestasi Gudep Pramuka Ponpes Annuqayah dan Kwarran Guluk-Guluk sehingga menjadi Duta Jatim pada ajang bergengsi Jambore se Asean.” Ujar Hasan Mudhari.
Sebab pengalaman mengikuti kegiatan kepramukaan bersama-sama dengan anggota Pramuka lainnya dari berbagai Negara di Asean, tidaklah mudah. Namun penuh dengan perjuangan panjang, bahkan tidak hanya pengorbanan jiwa dan raga, melainkan dari financial juga tidak sedikit.
”Kasihan juga mereka, berangkat dengan membesarkan nama Sumenep, tapi sangat bersahaja.”tambahnya.
Karena itu menurut Hasan Mudhari, pihaknya juga sempat kecewa karena tidak bisa memberikan fasilitas yang cukup bagi kontingen ini, dengan terbatasnya anggaran Kwarcab Sumenep. Karena itu pihaknya tidak dapat berbuat banyak, namun semangat adik-adik penggalang Regu Dinggo yang bisa menghantarkannya pada kegiatan Jambore Asean ini.
Hanya saja dimasa yang akan datang semoga Pramuka akan lebih mendapat perhatian dari semua pihak, baik eksekutif maupun legislatif, serta orang-orang yang peduli terhadap kegiatan Pramuka yang selama ini dipercaya membentuk kader-kader pioner bangsa yang cerdas, tangguh, tanggon dan trengginas. (Ren)


Sumber: Situs Pemerintah Kabupaten Sumenep, http://www.sumenep.go.id/.

Tidak ada komentar: