Sabtu, Desember 04, 2010

Tanamkan Cinta di Tahun Baru Hijriyah

Hairul Anam Al-Yumna, PPA Latee

Guluk-Guluk—Pergantian tahun baru Hijriyah sudah di ambang mata. Selasa mendatang (7/12), kita bakal dihadapkan pada perubahan kalender umat Islam: 1432 H. Tentu perubahan ini akan terkesan biasa-biasa saja dan kurang bermakna bila umat Islam kurang menghayatinya dengan cinta.

Demikian dawuh pengasuh PP Annuqayah, KH Ahmad Basyir AS saat memberikan tausyiyah kepada para santrinya usai salat Magrib di masjid pesantren, Kamis malam (2/12).

Beliau memaparkan, cinta yang dimaksud ialah yang mengarah pada tiga hal: cinta kepada Allah (hablum minallah), cinta kepada manusia (hablum minannas), dan cinta kepada alam (hablum minal ‘alam).

“Ketiganya merupakan sublimasi (saripati) dari nilai-nilai yang terkandung dalam Aswaja. Dan cinta kepada Allah haruslah diutamakan dengan mengamalkan segala perintahNya serta menjauhi laranganNya,” ujar kiai yang sudah berumur 80 tahun itu.

Sedangkan cinta kepada manusia, tambahnya, minimal ditampakkan dengan menghormati dan tidak menyakiti perasaan orang lain. Beliau sangat menyayangkan menyaksikan fenomena kekinian yang tak jarang manusia mengganggu ketenangan manusia lainnya.

“Kita bisa lihat sendiri betapa menjamurnya perilaku memiriskan yang ditunjukkan orang-orang tak bertanggung jawab di negeri ini, seperti budaya korupsi yang imbasnya menyengsarakan bangsa,” keluhnya.

Oleh karena itu, beliau sangat mengharap kepada para santrinya agar hati-hati dalam menapaki kehidupan ini. Salah satu bentuk kehati-hatian tersebut dapat ditunjukkan dengan upaya menanamkan rasa peduli terhadap sesama.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa hal itu masih belum cukup. Cinta kepada Allah dan sesama manusia harus diimbangi dengan cinta kepada alam. Beliau sempat menyinggung adanya pemanasan global yang pangkal utamanya ialah kurang pedulinya manusia terhadap alam (lingkungan).

“Ketiga cinta yang saya paparkan tadi tak ubahnya pelangi yang diharapkan mewarnai berbagai ruang kehidupan,” pungkasnya.

Tidak ada komentar: