Selasa, Desember 07, 2010

Genjot Potensi Santri dalam Bidang Kepustakaan


Hairul Anam Al-Yumna, PPA Latee

Guluk-Guluk—Selama dua hari, perpustakaan PP Annuqayah Latee menggelar diklat kepustakaan yang bertempat di Auditorium Lantai II MI Annuqayah. Acara yang dilaksanakan pada 2-3 Deseber tersebut diikuti oleh 27 santri dan 21 kru buletin Hijrah.

Menurut ketua perpustakaan, M Mahrus Bushthami, acara itu dilaksanakan dalam rangka menggenjot potensi para santri dalam bidang kepustakaan.

“Ini penting diselenggarakan mengingat peran perpustakaan pesantren selama ini mampu memberikan kontribusi tinggi dalam pengembangan keilmuan santri,” ujarnya saat memberikan sambutan ketika pembukaan, Kamis siang (2/12).

Dari tahun ke tahun, minat baca santri PP Annuqayah Latee cukup tinggi. Mereka berdesakan menekuni lembaran-lembaran kertas tiap kali jam buka; menelusuri lorong keilmuan tak bertepi.

Dari itulah M Mahrus Bushthami beserta pustakawan lainnya sadar betapa pentingnya membekali keilmuan para santri dalam hal kepustakaan.

“Salah satu tujuan dari pelaksanaan diklat kepustakaan ini ialah menjaring kader Pustakawan baru yang nantinya dimagangkan di perpustakaan yang kami kelola,” kata ketua panitia, M Farhan QR.

Proses dari magang itu muaranya akan diseleksi untuk ditetapkan sebagai pustakawan di awal pergantian kepengurusan nanti.

Terdapat empat materi yang disajikan dalam acara tersebut: manajemen kepustakaan, strategi membangun relasi dengan penerbit, strategi kaderisasi, dan teknik klasifikasi, inventarisasi, dan katalogisasi.

Manajemen kepustakaan difasilitatori oleh kepala perpustakaan SMA Annuqayah, Muhammad Lutfi. Sedangkan materi strategi membangun relasi dengan penerbit diisi oleh Administrator Biro Pengabdian Masyarakat (BPM) PP Annuqayah, Ahmad Sunandar. Dan penyaji materi strategi kaderisasi ialah ketua LPM INSTIKA. Adapun teknik klasifikasi, inventarisasi, dan katalogisasi difasilitatori oleh kepala perpustakaan BPM, Abdul Khaliq.

Dari awal hingga acara berakhir, peserta tampak antusias mengikuti materi yang diberikan oleh para penyaji. Alhasil, acara yang diparipurnai pada Jumat sore itu bejalan sesuai dengan rencana panitia.

Tidak ada komentar: