Minggu, Januari 27, 2013

Festival Bahasa Arab, Pancing Santri Berkompetisi


Musyfiqur Rahman, PPA Latee

Guluk-GulukSebagai paripurna ta’lim semester pertama, Pengurus Darul Lughah Departemen Penerbitan dan Pengembangan Bakat PP Annuqayah Latee mengadakan lomba yang dikemas dengan Festival Bahasa Arab. Festival ini sudah berlangsung sejak hari Senin (14/01) pekan yang lalu bertempat di serambi depan Darul Lughah.

Acara ini merupakan salah satu rangkaian program kerja Departemen Penerbitan dan Pengembangan Bakat yang telah dirumuskan sejak awal tahun. Tujuannya untuk meningkatkan semangat santri dalam mengembangkan potensi mereka di bidang bahasa Arab dan baca kitab dengan semangat kompetisi antarindividu ataupun antarkamar.

Dalam kegiatan kali ini, ada 13 macam lomba yang diadakan. Ada  yang bersifat individu seperti Baca Kitab, Baca Cerita, Pidato, Iklan, Baca Berita, Mengarang Cerpen, Mengarang Artikel, Terjemah dan Cari Kata dalam Kamus. Sedangkan yang bersifat kelompok (antarkamar) adalah Drama, Millionaire, Debat dan Keindahan Kamar.

Sejak awal pembukaan lomba, sudah tampak semangat untuk bersaing di antara wajah santri Darul Lughah, baik dalam lomba yang bersifat individu maupun kelompok. Dan ini memang sasaran utama yang harus dibidik dengan tepat oleh Pengurus Tanfidzi Darul Lughah, mengingat semakin meningkatnya angka santri Darul Lughah yang menjadi delegasi lembaga formal di luar Darul Lughah, seperti Markaz Al-Lughah Al-Arabiyah, MA Tahfidh Annuqayah, MA 1 Annuqayah, MTs 1 Annuqayah. Dan alhamdulilah rata-rata mereka tidak pulang kecuali dengan rasa syukur penuh kemenangan.

Ada banyak kesan menarik dari santri dalam pelaksanaan lomba ini. Moh. Amirullah, penghuni kamar nomor 06 mengatakan bahwa lomba saat ini sangat meriah, lebih-lebih lomba Millionaire, sebab lomba ini tidak hanya membutuhkan kemampuan berbahasa Arab, namun harus juga didukung dengan wawasan dan kemampuan berpikir tangkas masing-masing peserta. Yang membuatnya lebih berkesan adalah digunakannya instrumen seperti lazimnya Who Wants To Be A Millionaire di televisi.


Namun hal lain yang menjadi tantangan besar bagi panitia adalah adanya banyak acara di luar Darul Lughah yang bersamaan, seperti Malam Penutupan Competition of Class (17/01) di MTs 1 Annuqayah yang juga berbenturan dengan salah satu lomba Darul Lughah. Akibatnya, jadwal harus direvisi karena banyak santri Darul Lughah tingkat MTs yang menghadiri acara Malam Penutupan itu.

Kami harus sabar dengan kondisi semacam ini, karena harus dengan teliti dan cermat merevisi jadwal berkali-kali. Tapi kami tidak mudah menyerah walaupun banyak tantangan bertubi-tubi tanpa dapat diprediksi,kata salah satu panitia Tim Lomba, Mu’allim Ach. Fauzi.

Festival Bahasa Arab ini berakhir dengan acara penutupan pada pukul 20.30-22.00 Senin  malam (21/1) kemarin. Acara penutupan bertempat di mushalla Latee dan dihadiri oleh Pengurus Harian PPA Latee, para guru dan semua santri serta Pengurus Darul Lughah.

Tidak ada komentar: