Minggu, Agustus 22, 2010

MA 1 Annuqayah Putra Membuka Jurusan Baru

Faruqi Munif dan Fandrik HS Putra, PPA Lubangsa

Madrasah Aliyah 1 Annuqayah Putra merupakan Madrasah Aliyah tertua di lingkungan PP Annuqayah. Madrasah yang berdiri pada tahun 1979 ini untuk tahun pelajaran 2010-2011 membuka jurusan baru, yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Berikut petikan wawancara tertulis tim Pusat Data Annuqayah dengan K Muhammad ‘Ali Fikri, S.Ag., Kepala MA 1 Annuqayah Putra.

Kapan MA 1 Annuqayah Putra membuka Jurusan IPA?
Sejak tahun pelajaran 2010/2011. Jurusan ini diterapkan bagi siswa terpilih sejak kelas X, untuk menyiapkan potensi-potensi secara lebih dini.

Apa yang melatarbelakangi dibukanya jurusan ini?
Kami menilai, begitu minim kelahiran saintis dari pondok pesantren. Sebagian besar, saintis masih lahir dari kalangan non-pesantren. Kami ingin mempertegas perspektif kami menolak dikotomi ilmu.

Tujuannya?
Kami ingin menawarkan warna kurikulum dan konsentrasi studi yang “baru” bagi masyarakat, baik bagi mereka yang memiliki latarbelakang pendidikan pesantren maupun yang berlatarbelakang non-pesantren. Dengannya, kami ingin melahirkan saintis dari pesantren, sehingga santri dapat menyempurnakan perannya sebagai khalifatullah fil ard.

Proses apa saja yang dilakukan pihak lembaga untuk membuka jurusan IPA?
Yang terutama adalah penyaringan dan penyeleksian calon peserta didik melalui materi tes dalam masa penerimaan siswa baru; Merekomposisi dan reformulasi kurikulum. Memproyeksikan ketersediaan ruang dan dana untuk fasilitas laboratorium.

Apakah MA 1 Annuqayah Putra akan mendatangkan guru baru untuk jurusan IPA?
Ya, kami merekrut guru baru untuk jurusan ini, walaupun tidak seluruhnya. Dan kami juga mengubah strategi, bobot kurikulum dan materi pelajaran di dalamnya, untuk mempertegas kompetensi siswa.

Pesan Bapak pada siswa, utamanya jurusan IPA?
Jangan pernah berhenti belajar dan merasa puas dengan pembelajaran di ruang kelas. Pertegas kompetensi dengan tanpa mengenyampingkan kompetensi dasar sebagai seorang santri dan seorang muslim.

2 komentar:

M. Faizi mengatakan...

semoga sukses dan diminati

Cinta Syahadah mengatakan...

mantap.. Maju terus..!!