Jumat, Juli 02, 2010

Pustakawan Latee Seriusi Pengangkatan Kru Hijrah

Hairul Anam al-Yumna, PPA Latee

Guluk-Guluk—Setelah para pustakawan Latee menetapkan Romaiki Hafni sebagai Pemimpin Redaksi buletin Hijrah 2010/2011 pada Jum’at malam lalu (25/6), Ahad malam (27/6) kemarin mereka menggelar tes seleksi kru Hijrah yang baru. Kegiatan ini ditempatkan di bukit Lancaran, sebelah tenggaranya PP Annuqayah.

Menurut M Mahrus Busthami, ketua perpustakaan Latee, kegiatan tersebut bertujuan untuk menyaring santri-santri yang bisa diajak berproses di Hijrah. “Yang paling penting, ini adalah bagian dari proses kaderisasi. Sebagaimana sebelumnya, untuk menjadi pustakawan, para santri harus berproses dulu di Hijrah. Apalagi, di akhir kepengurusan nanti, buletin Hijrah akan diubah menjadi majalah,” katanya saat ditemui di Perpustakaan.

Diawali dengan penyebaran pamflet pendaftaran setengah bulan sebelumnya, ternyata tidak sedikit santri Latee yang tertarik menjadi kru. Ada 19 santri yang mendaftar. Mereka mematuhi aturan main sebagaimana tertera di pamflet: para pendaftar wajib menulis kelemahan diri, kelebihan, upaya mengatasi kelemahan, prestasi, dan karya-karya yang telah ditorehkan. Kesembilan belas pendaftar tersebut diseleksi menjadi 7 orang.

“7 orang itu yang akan di-interview nanti,” ujar Romaiki sebelum beranjak ke bukit Lancaran. Dari 7 orang tersebut, nantinya yang akan diloloskan sebanyak 5 orang.

“Jadi, 2 orang akan tereliminasi,” tambah redaktur pelaksana Hijrah, Musyfiqur Rahman.

Ketika jam menunjukkan pukul 19.15 WIB, kegiatan tersebut dimulai. Seluruh peserta dikumpulkan di Perpustakaan untuk diberi arahan oleh Romaiki dan Musyfiqur Rahman. Selang 5 menit kemudian, mereka diberangkatkan satu persatu. Mereka akan melewati 4 pos yang di masing-masing pos dijaga oleh 4 Pustakawan.

Rute yang akan mereka lewati menggunakan kode sinar lilin. Di masing-masing pos ada satu lilin yang menyala.

Pos 1 bertempat di area parkir STIK Annuqayah. Topik yang ditanyakan kepada para peserta di pos ini ialah tentang kepribadian dan pengalaman peserta. Untuk berlanjut ke pos 2, mereka harus menemukan sinar lilin yang berada di sebelah barat Aula Syarqawi. Di sana mereka akan ditanyakan hal-hal yang berkenaan dengan kepesantrenan.

Setelah itu, mereka berlanjut ke pos 3 yang berada di simpang empat sebelah timur bangunan STIK Annuqayah Putri yang baru. Di pos ini, mereka ditanyakan tentang kepustakaan. Pos 4 merupakan pos terakhir yang mereka harus lalui. Tepat di atas batu sebelah tenggara pos 3, sinar lilin berkelap-kelip. Di sana sudah siap 4 Pustakawan yang akan menanyakan tentang kepenulisan dan keorganisasian.

Santai dan serius mewarnai kegiatan yang menghabiskan waktu sekitar satu setengah jam tersebut. Kegiatan itu berjalan dengan lancar, tidak ada gangguan santri karena kebanyakan sedang mengikuti acara pembukaan Haflatul Imtihan Madrasah Annuqayah (Hima) di Masjid Jamik Annuqayah.

Usai kegiatan, para pustakawan berkumpul di perpustakaan untuk menentukan siapa saja yang lolos seleksi. Seperempat jam kemudian, mereka sudah berada di kantin. Diiringi dengan canda ria, mereka makan bersama.

Tidak ada komentar: