Minggu, Agustus 16, 2009

K.H. A. Hamidi Hasan Tutup Kegiatan Pekan Orientasi Santri Baru (POSBA) 2009-2010

Sumarwi, PPA Nirmala

GULUK-GULUK- Sejak tanggal 7-14 Agustus 2009, Pondok Pesantren Annuqayah Daerah Nirmala melaksanakan kegiatan Pekan Orientasi Santri Baru (POSBA) tahun pendidikan 2009-2010. Sebanyak 49 santri baru dan santri lama yang tidak lulus pada tahun lalu mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan yang berlangsung selama seminggu ini diisi dengan berbagai macam program yang menunjang terhadap wawasan santri dan pengenalan lingkungan di Pondok Pesantren Annuqayah, Nirmala khususnya. Hal itu diimplementasikan dalam bentuk penyajian “Sejarah Pondok Pesantren Annuqayah Nirmala” yang diisi langsung oleh pengasuh harian PPA Nirmala, K.H. A. Hamidi Hasan. Pengenalan terhadap pengasuh-pengasuh di sekitar Pondok Pesantren Annuqayah diselenggarakan dengan kegiatan tausiyah.

Jum'at (14/09) malam kemarin, kegiatan ini diakhiri dengan acara penutupan yang bertempat di Mushalla Lt II. Semua santri, baru dan lama, mengikuti penutupan kegiatan ini. K.H. A. Hamidi Hasan turut hadir dalam kegiatan penutupan ini.

Khairul Mubarik, ketua panitia kegiatan ini, mengatakan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini ialah dalam rangka mengenalkan kepada seluruh santri baru khususnya tentang Pondok Pesantren Annuqayah Nirmala, selain juga ingin memperkaya wawasan pengetahuan mereka.

“Terima kasih kepada seluruh panitia yang telah rela memfasilitasi kegiatan ini juga kepada seluruh santri yang telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini,” kata Ali Makki Khairi, ketua pengurus dalam sambutan penutupan tadi malam. Acara ini, lanjut Ali, tidak akan berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan tanpa dukungan dari para santri.

“Saya berharap kegiatan ini mempunyai bekas yang baik dan bagus kepada santri, lebih-lebih dalam hal shalat jama'ah,” Ali berharap.

”Kegiatan ini adalah kegiatan reguler. Artinya, kegiatan ini akan terus berlanjut. Empat bulan mendatang, adik-adik sekalian akan dihadapkan dengan pekan Kepramukaan dan monitoring,” tutur Kiai Hamidi.

”Kegiatan semacam ini hanyalah sebuah metode pendekatan adaptasi. Insya Allah semua yang baru saja kita alami memiliki nilai edukasi,” tambah beliau.

Tiga peserta dinobatkan sebagai peserta terbaik dalam kegiatan ini. Terbaik pertama diraih oleh Shohibul Umam santri asal Bragung, kedua ialah Bashari Alwi santri asal Batang-Batang dan yang ketiga ialah Maulana Hanif Rahman santri asal Gung-Gung sumenep. Kenang-kenangan untuk ketiga peserta diberikan oleh ketua pengurus PPA Nirmala, Ali Makki Khairi.

Lukman Hakim, santri asli Batu Ampar yang masih duduk di kelas I MTs, mengatakan bahwa yang paling menarik dari kegiatan pekan orientasi ini ialah acara renungan yang dilaksanakan pada Kamis malam. ”Sebenarnya saya agak takut karena disuruh jalan malam-malam. Apalagi panitia mengingatkan bahwa di jalan banyak anjing lewat. Bulu kuduk saya merinding,” ujarnya.

Tidak ada komentar: