Selasa, November 24, 2009

Peserta Principal Mentoring Keliling Annuqayah


Jamaluddin M Haz, PPA Lubangsa

Setelah selama satu hari (18/11) mengikuti penyajian seputar Annuqayah, para peserta Principal Mentoring pada hari kedua (19/11) selanjutnya diajak berkeliling pesantren dan madrasah yang ada di Annuqayah. Tepat pada pukul 08.15 WIB para peserta bersiap-siap di halaman Madrasah Aliyah 1 Annuqayah Putri untuk keliling.

Para peserta Principal Mentoring yang berjumlah dua puluh satu orang itu berangkat dengan membawa tujuh mobil yang akan mengantar mereka menuju tempat yang sudah disepakati oleh panitia. Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Sekolah Tinggi Keislaman Annuqayah (STIKA). Di tempat ini para peserta Principal Mentoring melihat STIKA dari dalam mobil saja dan tidak turun langsung ke halaman.

Dari STIKA, rombongan langsung menuju lokasi kedua yaitu SMA 3 Annuqayah. Di SMA 3 Annuqayah peserta disambut oleh Direktur Madaris 3 Annuqayah yaitu K. Faizi, M. Hum. Di tempat ini para peserta disuguhi dengan berbagai penampilan yang menarik. Salah satunya adalah musik tradisional yang dimainkan oleh siswi SMA 3 Annuqayah. Penampilan musik tradisional ini banyak menarik perhatian para peserta Principal Mentoring. Peralatan yang digunakan cukup sederhana, dan lagu yang dibawakan adalah lagu bernuansa islami.

Di SMA 3 para peserta turun langsung ke halaman madrasah. Tempat yang pertama kali dikunjungi adalah perpustakaan. Di sana mereka dilayani oleh dua pustakawan SMA 3 Annuqayah dan para peserta Principal Mentoring dipersilakan untuk melihat-lihat dan menikmati buku yang disediakan di perpustakaan ini.

Selain musik tradisional, para peserta juga melihat bengkel kerja kelompok Pemulung Sampah Gaul (PSG). Di tempat itu para peserta melihat sampah yang sudah dikelola menjadi tas oleh kelompok siswa Madaris 3 Annuqayah. “Saya sangat kagum sekali melihat karya anak-anak SMA 3 Annuqayah ini, karena mereka bisa mengelola sampah menjadi barang yang berharga,” ungkap Drs. Abbas Pandi dari SMAN 12 Makasar.

Setelah berkunjung ke SMA 3, Bapak Damanhuri, M. Ag selaku protokoler mempersilakan para peserta Principal Mentoring untuk kembali ke rombongan masing-masing dan rombongan kemudian menuju ke Herba Annuqayah, tempat penjualan jamu di Annuqayah. Setelah melihat-lihat di Herba, para peserta kemudian menuju ke MA 2 Annuqayah. Di sekolah ini para peserta tidak turun langsung ke lokasi, tetapi hanya melihat dari dalam mobil saja.

Sasaran selanjutnya adalah Madrasah Aliyah 1 Annuqayah Putra. Di tempat ini para peserta disambut oleh Group Drumband MAIA-Kustik yang dimainkan oleh siswa MA 1 Annuqayah dan rombongan langsung dipersilakan untuk memasuki kantor MA 1 Annuqayah Putra.

Setelah berbincang-bincang dengan guru-guru MA 1 Annuqayah, rombongan langsung menuju ke Lubangsa Putri. Di tempat ini mereka langsung menuju dapur yang biasa dipergunakan untuk memasak oleh santri dan mereka sempat berbincang-bincang dengan salah satu santri yang kebetulan memasak. Para peserta juga melihat dan mengunjungi asrama santri.

“Saya kurang percaya bahwa satu kamar itu sampai diisi oleh tiga puluh orang,” tutur Bapak Ahmad Yamani, dari SMAN 1 Syamtalira Aron.

Jelang siang, kunjungan selesai. Selanjutnya, para peserta Principal Mentoring kembali ke lokasi acara dan mereka menikmati hidangan makanan ringan yang disediakan oleh panitia.

1 komentar:

Muhammad Qudsi mengatakan...

Ponapa énggi sé maksod principal mentoring?