Senin, Januari 11, 2010

Nirmala Buka Kegiatan Pekan Kepramukaan dan Monitoring

Sumarwi, PPA Nirmala

GULUK-GULUK—Jum’at (08/01) kemarin, Pondok Pesantren Annuqayah Daerah Nirmala membuka kegiatan Pekan Kepramukaan dan Monitoring Masa Bakti 2009-2010, bertempat di lapangan MTs 1 Annuqayah. Para peserta upacara menggunakan seragam pramuka lengkap. Kegiatan ini merupakan serangkaian kegiatan dari tiga pekan, yaitu Pekan Orientasi di awal tahun, dan Pekan Kepramukaan dan Monitoring di pertengahan tahun, dan di akhir tahun ada Pekan Evaluasi.

Ketiga acara pekan tersebut dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Dalam pembukaan kemarin, turut hadir pengasuh harian PPA Nirmala, K.H. A. Hamidi Hasan dan semua pengurus, meskipun tidak semuanya dan tidak berseragam pramuka lengkap.

“Kegiatan pekan ini dilaksanakan dalam rangka membantu proses pendidikan adik-adik santri sekalian dan juga agar para santri lebih menguasai pelajaran di sekolah formal karena sebentar lagi akan dilaksanakan ujian untuk semester ganjil,” tutur K. Hamidi dalam sambutannya.

“Manfaatkanlah kegiatan pekan ini dengan baik. Jangan sungkan-sungkan untuk meminta bantuan kepada kakak pengurus atau temannya bila ada mata pelajaran yang belum dikuasai,” tambahnya.

Sebelum mengakhiri sambutan, Beliau membuka kegiatan pekan ini dengan pembacaan “Basmalah” dengan harapan agar acara ini punya banyak manfaat dan berjalan lancar.

Di akhir acara, pengasuh menyematkan kartu peserta kepada A. Qusyairi, perwakilan dari regu Bilis Power.

Walaupun kegiatan ini bernama pekan, pelaksanaanya tidaklah seminggu karena kegiatan ini bertujuan agar para santri lebih memfokuskan diri dalam menguasai mata pelajaran sekolah formal. Minimal pelaksanaan kegiatan pekan ini selama ujian di sekolah formal berlangsung. Di akhir kegiatan nanti akan ada kegiatan cross country, semacam penjelajahan.

Setelah selesai upacara, para santri diperintahkan untuk bersiap-siap untuk menunaikan shalat maghrib.

Tidak ada komentar: