Selasa, Mei 14, 2013

RMI-Pesantren Annuqayah Adakan Pelatihan Sistem Otomasi Komputer Perpustakaan


Moh. Kamil Akhyari, alumnus PPA Latee

Guluk-Guluk—Pengurus Cabang (PC) Robithah Maahid Al Islamiyah (RMI) NU Kabupaten Sumenep bersama Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk, Sumenep, menyelenggarakan Pelatihan Sistem Otomasi Komputer Perpustakaan, Ahad, 12 Mei 2013 di Aula Asy-Syarqawi Guluk-Guluk.

Pembukaan acara dihadiri Wakil Ketua PP RMI Dr. H. Agus Zainal Arifin, Ketua PCNU Sumenep H. A. Pandji Taufiq, Ketua PC RMI NU Abd. Wasit, Ketua Pengurus Pondok Pesantren Annuqayah K.H. A. Hanif Hasan, Ketua Pelaksana Pengurus Pondok Pesantren Annuqayah K. Ainul Yaqin, Ketua Yayasan Annuqayah H. Taufiqurrahman, dan kepala-kepala sekolah di lingkungan Annuqayah dan NU Sumenep.

Ketua PC RMI Abd Wasit mengatakan, sekalipun NU dikatakan organisasi tradisional, warga dan lembaga pendidikan milik NU harus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. "Pesantren harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman," ucapnya.

Pelatihan sehari yang diikuti pengurus perpustakaan tersebut, kata mantan Wakil Ketua PW IPNU Jawa Timur, merupakan bukti konkret warga NU sekalipun tradisional tidak gagap teknologi.

Sementara Ketua Pengurus Pondok Pesantren Annuqayah K.H. A. Hanif Hasan dalam sambutannya mengatakan jika belajar adalah sebuah kewajiban maka belajar sistem yang menunjang terlaksananya kewajiban juga termasuk wajib.

Keberadaan perpustakaan dalam lembaga pendidikan adalah sebuah keharusan. Di sanalah siswa memperluas cakrawala pengetahuan. "Pengembangan perpustakaan merupakan langkah yang perlu digalakkan," katanya.

Di era komputer saat ini belajar bisa semakin efektif, termasuk sistem pengelolaan perpustakaan. Dosen Institut Ilmu Keislaman Annuqayah tersebut berharap, peserta pelatihan nantinya bisa menindaklanjuti ilmu yang diperoleh dari pelatihan.

"Kelemahan kita kadang-kadang masih kurang menindaklanjuti. Apa yang diperoleh harus dipelihara dan dan ditukarkan lewat lembaga pendidikan. Ini sebuah jihad. Sampaikan pesan Islam melalui perpustakaan," harapnya.

2 komentar:

Abd. Warits Ilham mengatakan...

sayang sekali saya tidak tahu ada acara ini saat masih sedang berlangsung....

M. Faizi mengatakan...

sebelum ini, Pak Agus juga memberikan wejangan untuk para guru dan kepala madrasah