Selasa, November 16, 2010

Beri Syarat untuk Pulang

Hairul Anam al-Yumna, PPA Latee

Guluk-Guluk—Senin (15/11), seusai salat Subuh di musalla Latee, KH Ahmad Basyir AS memberikan kuliah tujuh menit (kultum) kepada santrinya. Kultum ini dilakukan sebagai bekal bagi santri sebelum beranjak pulang menghadapi liburan Idul Adhha.

Di Annuqayah, liburan Idul Adhha dimulai sejak Minggu siang (14/11) untuk santriwati. Sedangkan santri putra Senin pagi (15/11).

Dalam tausyiahnya, pengasuh PPA Latee tersebut menekankan agar santri ihsan kepada orangtua mereka.

“Seperti yang sering saya katakan, menjaga identitas kesantrian merupakan suatu kewajiban. Berlaku ihsan kepada ibu dan ayah juga termasuk kebaikan yang tidak boleh diremehkan,” ujarnya.

Liburan, lanjut beliau, adalah momen penting untuk menerapkan segala ilmu yang telah diperoleh selama bermukim di pesantren.

“Di pesantren selalu diajarkan yang namanya akhlak. Dari itulah santri mesti bersikap sopan santun kepada orangtuanya,” tambahnya.

Menurut beliau, contoh sopan santun yang cukup sederhana ialah etika dalam bertutur. Oleh beliau, santri yang kurang memerhatikan etika tersebut tidak layak dikatakan santri.

“Lucu sekali manakala ada santri yang dalam bertutur kata kepada orangtuanya tidak menggunakan bahasa yang halus. Berbahasa halus kepada orangtua menjadi syarat utama bagi santri untuk bisa pulang,” tegasnya.

Oleh karena itu, beliau amat menyayangkan kepada santri yang masih juga tak acuh untuk bertutur menggunakan bahasa halus kepada siapa pun, terutama terhadap orangtua mereka.

“Santri yang keberatan bertutur dengan bahasa halus kepada orangtuanya lebih baik tidak usah pulang saja meskipun liburan,” kata beliau dengan sungguh-sungguh.

2 komentar:

Cinta Syahadah mengatakan...

herrah..!! :D

gilawaras mengatakan...

Suasana pagi hari di Nirmala saat ini masih seperti dahulu Kak, , ,
Penjual nasi itu juga eksis mengantarkan nasi setiap pagi ke pondok. Namun, kali ini wajahnya udah nampa keriput dan beberapa giginya udah ada yang copot.

Sukses selalu Kak,,,semoga menjadi motivasi untuk semuanya.